Senin, 13 Juli 2015

Fungsi dan Strategi Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Hellriegel dan Slocum J.W mengemukakan ada 2 jenis strategi pemasaran yaitu :

1. Market Penetration Strategy
Market Penetration Strategy adalah Strategi pemasaran yang berupaya untuk meningkatkan pemasaran pada pasar yang sekarang ada melalui produk yang sekarang ada pula. Kegiatan yang dilakukan meliputi upaya meningkatkan jumlah pembelian dari produk, mencoba menarik konsumen yang sekarang menggunakan produk dari kompetitor atau pesaing ataupun sekaligus membeli kompetitor tersebut.
2. Market Development Strategy
Market Development Strategy adalah Strategi pemasaran yang berupaya mencari pasar baru dari produk yang sudah ada intinya saat produk tertentu telah dalam kondisi bahaya disamping pesaing baru yang bermunculan dan kompetitif atau disebut daerah red ocean. Tiga kegiatan utama mencari pasar baru ini diantaranya :
a. Menentukan pasar secara geografis (contoh : buka cabang di daerah lainnya)
b. Menemukan target pasar baru (contoh : video yang tadinya untuk persentasi ilmiah kemudian dipasarkan untuk hiburan dalam rumah tangga)
c. Menemukan penggunaan baru dari produk yang ada (contoh : mobil niaga diubah menjadi mobil siaga)

Fungsi Manajemen Pemasaran
Fungsi Manajemen Pemasaran Meliputi :
a. Riset konsumen dengan melakukan riset setiap perusahaan bisa tahu seluruh keinginan dan kebutuhan pasarnya sehingga pemasaran yang dilakukan akan lebih efektif dan efisien.
b. Pengembanagan produk jika produk yang telah beredar sebelumnya sudah pada masa penurunan maka untuk menghindari produk tersebut hilang dipasaran dengan pemasaran kita mencoba membuat atau menambah fingsi produk tersebut sesuai dengan perkembangan suatu bisnis.
c. Komunikasi-promosi dimana dalam pemasaran kita diajarkan bagaimana cara memperkenalkan atau mempromosikan suatu produk dengan baik sesuai teknik pemasaran seperti :advertising,publisitas dll.
d. Distribusi Dalam pemasaran perusahaan kesuksesan suatu bisnis harus didukun dengan distribusi yang baik untuk sampai di tngan konsumen.
e. Penetapan harga dan pemberian service untuk dapat bersaing di dalam suatu bisnis manajemen pemasaran mengaajarkan bagaimana penetapan harga perlu dilakukan untuk membedakan suatu produk kita dengan pesaing sesuai teknik pemasaran seperti : mark up, harga pesaing dll. Selain itu dalam suatu produk terkadang kita akan menawarkan layanan tambahan seperti :pemasangan, pengiriman, perawatan dll untuk lebih menarik minat membeli konsumen.

Semua kegiatan yang dilakukan pada dasarnya adalah untuk melayani, memenuhi dan memuaskan konsumen sebab suatu kesuksesan manajemen pemasaran adalah seberapa banyak konsumen yang loyal kepada anda sehingga keuntungan maksimal akan dapat diraih untuk menjaga eksistensi dan kehidupan suatu erusahaan.

Sumber: Kottler Phillip.2008.Manajemen Pemasaran Jilid 2 Edisi 12.Indeks

Tidak ada komentar:

Posting Komentar